Alasan Mengapa Banyak Pernikahan di Bulan Syawal

Alasan Mengapa Banyak Pernikahan di Bulan Syawal

Adakah alasan khusus mengapa banyak pernikahan di bulan Syawal?

Apakah menikah akan terlihat lebih baik dan mendapat pahala lebih banyak jika dilaksanakan di Bulan Syawal?Tentu Tidak. Dalam Islam, Tidak ada ketentuan di bulan apa pernikahan baik dilaksanakan. Karena bagi Allah SWT, semua bulan dan hari selalu baik, apalagi jika menggunakannya untuk melakukan ibadah kepada Allah. Kalau begitu, mengapa banyak sekali acara pernikahan di bulan Syawal? Yang masih penasaran, berikut ulasannya!
Picture: Imagenic
Picture: Imagenic

1. Sunnah Rasul

Bulan Syawal adalah bulan penuh amalan-amalan sunnah yang bisa dijalankan umat Islam. Salah satunya melangsungkan pernikahan. Nabi Muhammad SAW menikahi Aisyah RA pada bulan Syawal. Sunnah untuk menikah di bulan Syawal ini juga ada karena suatu alasan loh! Sunnah ini berkaitan langsung dengan sejarah jauh sekali dimana Arab masih berada di zaman Jahiliah. Sunnah menikah di bulan Syawal ini lalu hadir sebagai pemberi ajaran kepada mereka yang bodoh kala itu. Yang penasaran akan kejadian di zaman itu, simak di alasan nomor 2 ya!

2. Sisi Historis

Nabi Muhammad SAW menikahi Aisyah RA di bulan Syawal bukan hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Namun juga untuk memberikan pelajaran bagi mereka yang bodoh di kala itu. Pada zaman Jahiliah terdahulu, para Quraisy memiliki kepercayaan jika menikah di bulan Syawal akan mendatangkan malapetaka. Maka dari itu di bulan Syawal, para Quraisy menolak untuk menikah atau bersetubuh dengan istrinya. Karena mereka berpikir, penyakit menular yang sedang marak terjadi kala itu muncul pada bulan Syawal dan disebabkan karena berhubungan antar suami dan istri. Mereka juga percaya jika menikah di bulan Syawal hanya akan berakhir dengan perpisahan atau musibah dalam rumah tangga. Lalu Rasullullah SAW menikahi Aisyah RA untuk membuktikan jika kepercayaan itu hanyalah perbuatan syirik dan segala kehancuran dan cobaan tidak ada sangkut pautnya dengan menikah atau berhubungan di bulan Syawal.
Picture: Artmospoto
Picture: Artmospoto

3. Rezeki Lebih

Untuk pengantin yang pernah melangsungkan pernikahan di bulan Syawal pasti tahu akan alasan satu ini. Sehabis lebaran sebagian besar pengantin baru saja mendapat THR, dan uang tambahan tersebut disisihkan untuk menambahi biaya pernikahan. Sah-sah saja loh, malah baik. Uang THRmu jadi bisa dihabiskan ke hal yang bermanfaat dibandingkan jika kamu menghabiskannya untuk berfoya-foya. Jadi jangan minder ya jika kamu memiliki alasan mengadakan pernikahan di bukan Syawal karena mendapat "THR Lebaran"

Itulah alasan-alasan mengapa di bulan Syawal banyak sekali pengantin yang melakukan acara pernikahan. Setelah mengetahui semua alasan tersebut, kamu jadi tertarik melakukan pernikahan di bulan Syawal juga tidak? Jangan lupa cerita-cerita ke Di Balik Layar ya konsep pernikahanmu seperti apa!
Our Portofolio
Alamat
sales.dibaliklayar@gmail.com
CEO Suite, AXA Tower Lv. 45, Jl. Prof. DR. Satrio No.Kav. 18, Karet Kuningan, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940
Misi Kami
Member of
Member of
-
Media Sosial
-
@2024 dibaliklayarorganizer Inc.