6 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menyewa Gedung untuk Wedding

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menyewa Gedung untuk Wedding

Mencari gedung untuk dijadikan venue wedding tidak semudah yang kebanyakan orang kira.

Menyewa gedung tidak hanya mengenai membayar harga sewanya saja, banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipastikan agar ketika hari pernikahnmu tiba, kamu tidak akan terganggu dengan hal-hal mendadak yang seharusnya bisa kamu ketahui di awal. Berikut 6 hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin menyewa gedung untuk pernikahan:
Picture: Imgenic, Venue: The Vip Grand Ballroom Jakarta
Picture: Imgenic, Venue: The Vip Grand Ballroom Jakarta

1. Apakah Full Karpet atau Tidak

Tidak semua gedung wedding memiliki ruangan dengan karpet penuh. Jika kamu menginginkan tempat yang menggunakan full carpet, pastikan untuk melihat ke dalam ruangannya saat survey. Jika ruangan tersebut tidak menggunaan full carpet, tanyalah apakah memungkinkan untuk disediakan karpet. Jika memunginkan, tanyakan langsung apakah ada biaya tambahan. Dan jika tidak memungkinkan, kamu bisa memulai untuk mencari opsi gedung wedding yang lain.

2. Kapasitas Gedung

Berapa jumlah tamu yang akan kamu undang? pastikah jika jumlahnya tidak melebihi kapasitas maksimum dari gedung yang kamu inginkan. Ruangan yang terlalu crowded akan membuat para tamu tidak nyaman. Jangan lupa juga untuk menanyakan kapasitas lahan parkir yang dimiliki gedung tersebut. Eits, satu hal lagi. Pastikan juga kamu tidak mengeluarkan biaya mahal untuk menyewa gedung yang besar disaat tamumu bahkan tidak memenuhi setengah ruangan gedung yang kamu sewa. Maka dari itu, tetapkan dulu jumlah tamu yang kamu ingin undang lalu mulailah mencari venue wedding yang bisa menampung jumlah tamumu itu.

3. Vendor Rekanan Gedung

Sudah memiliki list vendor idaman? pastikan dahulu apakah gedung tempat acara weddingmu mengizinkan vendor selain rekanan mereka untuk beroperasi disana. Beberapa gedung memiliki regulasi dimana penyewa hanya boleh menggunakan vendor-vendor yang telah menjadi rekanan mereka. Jadi pastikan hal satu ini di awal ya!

Picture: Alienco, Venue: Puri Ardhya Garini
Picture: Alienco, Venue: Puri Ardhya Garini

4. Jumlah Acara Per Hari

Pastikan kepada pihak gedung apakah mereka memakai ruangan untuk 2 acara per hari atau hanya satu. Jika 2, maka kamu kemungkinan besar akan diberikan regulasi tambahan seperti tidak bisa menambah jam sewa atau bahkan melakukan akad di ruangan lain. Jumlah acara perhari akan sangat berpengaruh pada timeline kerja vendor di hari H nanti loh. Seperti deadline pengerjaan dekorasi, atau deadline pengerjaan tim katering untuk menyiapkan semua menu.

5. Charge Gedung

Hal ini yang sering menjadi pertanyaan ketika kamu ingin menyewa gedung untuk acara pernikahan. Harga sewa gedung berbeda dengan charge gedung. Harga sewa adalah harga keseluruhan gedung. Sedangkan untuk charge, akan dikenakan jika kamu ingin menambah sesuatu. Seperti ruangan khusus untuk makeup, food stall tambahan, dll. Charge ini dikenakan karena penambahan ruangan atau stall akan otomatis memerlukan listrik dan alat tambahan. Jadi pastikan untuk menanyakan perihal charge ini di awal ya, agar kamu tidak kaget jika tiba-tiba pihak gedung meminta biaya tambahan.

6. Tegangan Listrik Gedung

Tanyakan kepada pihak gedung berapakah tegangan listrik yang mereka sediakan. Jika kamu ingin menyuguhkan live music, kemungkinan tegangan yang dibutuhkan lebih besar. Jika kamu membutuhkan tambahan tegangan, tanyakan apakah pihak gedung menyediakannya atau tidak. Dan jika tidak, bolehkan memasukkan vendor dari luar.

Demikian 6 hal yang perlu kamu pastikan saat ingin menyewa gedung untuk pernikahan. Eits tapi sebelum itu, tim DBL juga ingin memberi tips untuk kamu yang ingin mulai pilih-pilih venue nih, berikut tipsnya:
  • Pastikan dahulu siapa yang akan mem-booking gedung. Banyak terjadi kejadian double booking loh karena kurang komunikasi antara kamu dengan WO atau pihak keluarga lain. Dan untuk meng-cancel double booking ini butuh biaya. Jadi pastikan siapa yang akan mengurusnya.
  • Perhatikan Wedding High Season. Wedding High Season terhitung dari bulan Agustus hingga Desember. Pada bulan-bulan itu beberapa gedung menaikkan harganya karena banyaknya manten yang ingin mengadakan wedding. Jadi jangan kaget jika harga sewa gedungmu lebih mahal di bulan-bulan ini ya.
  • Lakukan booking pada jauh hari untuk tanggal cantik. Untuk kamu yang bermimpi menikah di tanggal cantik, booking dari jauh-jauh hari ya.

Selamat berburu venue wedding Girls!
Our Portofolio
Alamat
sales.dibaliklayar@gmail.com
CEO Suite, AXA Tower Lv. 45, Jl. Prof. DR. Satrio No.Kav. 18, Karet Kuningan, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940
Misi Kami
Member of
Member of
-
Media Sosial
-
@2024 dibaliklayarorganizer Inc.