Hal-Hal yang Diperiksa Pada Tes Kesehatan Pranikah

Hal-Hal yang Diperiksa Pada Tes Kesehatan Pranikah

Salah satu syarat sebelum mempelai mengadakan pernikahan adalah melakukan tes kesehatan pranikah

Apa Itu Tes Pranikah? Serangkaian tes yang perlu dilalui oleh pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan. Pentingkah tes tersebut? Sangat penting. Tes itu dilakukan untuk mengenal riwayat kesehatan calon mempelai. Jadi tidak ada penyesalan di kemudian hari, khususnya bagi riwayat keturunan yang dihasilkan. Jadi apa saja hal-hal yang diperiksa? Berikut ulasannya:
Picture: Verde
Picture: Verde

1. Cek Darah

Pemeriksaan umum ini perlu dilakukan karena pada umumnya status kesehatan dapat diketahui melalui pengecekan darah. Macam-macam penyakit yang dapat kamu ketahui melalu proses cek darah antara lain adalah penyakit yang berhubungan dengan jantung, paru-paru, pembekuan darah, diabetes, atau bahkan penyakit autoimun. Alasan lain mengapa cek darah sangatlah penting adalah kamu juga dapat mengetahui apakah kamu atau calon suamimu memiliki riwayat penyakit yang bisa saja diturunkan kepada anakmu kelak.

2. Pemeriksaan Penyakit Hereditas

Atau lebih sering dikenal dengan pemeriksaan penyakit turunan. Pentingnya menjalankan tes ini agar kamu dan calon suamimu kelak dapat memulai perawatan lebih dini untuk mencegah perburukan penyakit di masa depan sekaligus mencegah masalah kesehatan atau keterbatasan pada calon anak kalian. Karena bila bersangkutan dengan penyakit genetik, kemungkinan penyakit tersebut akan diturunkan kepada calon anak kamu akan selalu ada.

3. Pemeriksaan Penyakit Infeksi dan Menular

Semua pasangan yang akan menikah perlu untuk melakukan tes ini jika salah satu pasangan mempunyai riwayat penyakit infeksi dan menular. Penyakit menular yang dapat terdeteksi pada tes pranikah adalah hepatitis B dan C, klamidia, sipilis, HIV/AIDS, herpes, toksoplasmosis, rubella, dan cytomegalovirus. Pemeriksaan ini sangat penting karena penyakit yang dapat terdeteksi tersebut tidak hanya dapat membahayakan kesehatan kamu tapi calon suamimu juga.
Picture: Imagenic
Picture: Imagenic

4. Pemeriksaan Organ Reproduksi

Eits, jangan dikira hanya pihak perempuan saja yang dites dalam tahap ini, calon mempelai pria pun sama. Karena perihal kesuburan, faktor berhasil atau tidaknya kehamilan tidak hanya datang dari pihak perempuan saja tapi dari pihak pria juga. Bagi calon mempelai perempuan, pemeriksaan ini bertujuan untuk membantu mendeteksi kondisi dan kelainan ginekologi yang dapat memengaruhi kesuburan dan kemungkinan kehamilan.Sementara untuk pria, pemeriksaan organ reproduksi dapat mencakup analisis sperma untuk mengetahui kelayakan kualitas sperma.

5. Pemeriksaan Alergi

Tes alergi dalam rangkaian tes pranikah bertujuan untuk menemukan ada tidaknya kecenderungan alergi pada apa yang kamu dan calon suamimu makan, sentuh, atau hirup. Jika kedua mempelai sama-sama memiliki alergi, calon anak nantinya akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk menderita penyakit yang sama. Tes ini penting dilakukan untuk nantinya cepat dalam menangani tindakan.

Setelah memahami informasi diatas, semakin mengerti bukan pentingnya tes kesehatan pra nikah? Tujuan utamanya adalah satu, untuk menciptakan keluarga dan garis keturunan yang sehat nantinya. Jika suatu penyakit tidak bisa dihindar, setidaknya kamu bisa mengantisipasi jauh sebelum hal itu terjadi. Pencegahan lebih baik dibandingkan menganggap sepele kesehatan untuk kemudian hari.
Our Portofolio
Alamat
sales.dibaliklayar@gmail.com
CEO Suite, AXA Tower Lv. 45, Jl. Prof. DR. Satrio No.Kav. 18, Karet Kuningan, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940
Misi Kami
Member of
Member of
-
Media Sosial
-
@2024 dibaliklayarorganizer Inc.